Crossing the Blues

Saturday, September 11, 2010

Puteri Indonesia 2010 It's Me It's Me Part 4 : Riau

By Ferriyanto Lim & Nursasongko

Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mengenal lebih dekat para Puteri yang akan bertanding untuk memperebutkan mahkota Puteri Indonesia 2010. Dengan adanya thread ini diharapkan ita semua dapat mengenal kepribadian para Puteri-Puteri daerah tersebut. Sebab, kecantikan tidak hanya terpancar dari paras ayu dan bentuk tubuh saja..
Kecantikan juga terpancar dari cara seorang wanita berbicara dan bertutur kata...

And now it's time for the girls of Sumatera, starting with ... RIAU


Keterangan Pribadi
Nama : Mega Dwi Lestari
Tempat / Tanggal Lahir : Riau, 13 Februari 1991
Tinggi : 171 Cm
Berat : 57 Kg
Perwakilan : Riau

1. Ceritakan tentang siapa diri anda !
Nama saya Mega Dwi Lestari, saya anak ke 2 dari 2 bersaudara. Saya berasal dari keluarga yang sederhana dimana semua anggota keluarga saya memiliki semangat yang tinggi dalam bekerja keras. Saya melihat diri saya adalah orang yang sederhana,pantang menyerah,dan saya percaya kegagalan itu awal dari keberhasilan. Saya sangat suka membuat orang yang berada di dekat saya itu nyaman, karena saya bertindak sebagai pendengar yang baik. Walaupun respon awal orang terhadap saya agak mengesalkan karena mereka bilang tampang saya itu jutek. Tetapi setelah kenal,tentunya tidak begitu. Malah mereka senang berada dekat dengan saya

2. Apa profesi anda saat ini (bekerja atau kuliah dimana) ?
Saat ini saya masih tercatat sebagai mahasiswi di sebuah universitas yaitu UNIVERSITAS PADJADJARAN, semestar 3, Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan.

3. Apa saja prestasi anda yang pernah anda raih ?
Prestasi yang pernah saya raih seperti:
- Finalis Kompetisi Kecantikan Bridal Expo
- Semi Finalis majalah Gogirl!
- Model majalah Hair and Beauty
- Juara 2 lomba busana Muslim di Pekanbaru
- Juara 3 lomba modelling grand prix suzuki di Pekanbaru
- Dua kali menjadi model Fashion di Koran Tribun-Pekanbaru
- Dan saat ini saya adalah Puteri Indonesia Riau 2010


4. Jika Anda dapat melakukan perjalanan waktu dan tempat, siapa yang Anda ingin bertemu dan mengapa? J
ika saya dapat melakukan perjalanan waktu dan tempat,saya ingin sekali kembali pada waktu sebelum nenek saya meninggal. Saat itu saya sedang dalam perjalanan menuju Bandung untuk kuliah pertama saya. Sebelum saya berangkat, saya janji kepada beliau akan pulang dengan abang saya yang saat itu kuliah di Jakarta. Selang beberapa hari saya di Bandung, saya mendapatkan telpon dari keluarga, bahwa nenek saya sudah meninggal, padahal saya sudah janji dengan beliau untuk pulang bersama abang saya. Sedih pasti, karena saya benar-benar dekat dengan beliau, setiap hari saya menemani beliau tidur, membantu mengurus beliau. Tapi semua sudah takdir dan saya harus ikhlas lahir bathin.

5. Jika Anda memiliki kesempatan untuk memilih antara Penawaran Kerja dan Beasiswa Pendidikan, yang mana yang Anda pilih? Mengapa?
Jika ada kesempatan untuk memilih antara penawaran kerja dan beasiswa pendidikan, keduanya sangat penting untuk saya. Apabila ada pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang saya miliki kenapa tidak? Mungkin modal yang saya dapat ketika saya bekerja, bisa saya jadikan modal untuk melanjutkan pendidikan, karena pendidikan bagi saya tetap nomor 1.

6. Apa pelajaran masa kanak-kanak Anda yang masih mempengaruhi kehidupan nyata Anda saat ini?
Pelajaran masa kanak-kanak yang masih mempengaruhi kehidupan saya sampai saat ini adalah Kesenian, seperti menyanyi. Walaupun suara saya tidak sebagus penyanyi profesional tapi saya senang bernyanyi, karena dengan menyanyi bisa melimpahkan semua perasaan yang saya rasakan, baik dalam keadaan sedih ataupun senang.

7. Dapatkah Anda Katakan Sesuatu yang begitu menarik atau unik tentang Anda?
Yang menarik atau unik tentang saya, saya bisa disebut Misterius, karena saya orang yang sulit ditebak,sampai membuat teman-teman saya penasaran dan menamai saya miss jutek apabila saya dalam keadaan diam. Tapi kalau sudah lama kenal, saya orangnya sangat peduli dengan keadaan orang lain. Ada yang mengatakan kalau ''Diam-diam menghanyutkan'' mungkin saya bisa dibilang seperti itu.

8. Jika Anda dapat bertukar tempat dengan orang lain selama seminggu, siapa orang itu dan mengapa?
Jika diberi kesempatan untuk bertukar tempat, saya ingin sekali bertukar tempat dengan ayah saya, karena saya ingin merasakan beban yang ditanggung ayah dalam menafkahi keluarganya. Itu akan membuat saya semakin menghargai jasa seorang ayah kepada keluarganya. Karena ayah saya adalah panutan bagi saya dan keluarga saya. Semakin saya melihat ayah saya semakin saya merasakan betapa beliau sangat berjuang demi keluarga.


9. Siapa Perempuan yang paling Anda kagumi? Mengapa?
Sosok perempuan yang paling saya kagumi adalah ibu saya. Ibu saya adalah sosok perempuan pekerja keras. Beliau juga yang selalu memotivasi saya untuk terus maju dan pantang menyerah.Ibu saya berkata, ''Mama tidak pernah meminta apa-apa dari kalian,tapi melihat anak-anak Mama berhasil, Mama senang, dan Mama juga akan terus berjuang, itu saja yang mama minta''. Kata-kata itu selalu saya ingat karena betapa besarnya perjuangan ibu saya dari nol sampai sekarang ini, yang bisa mendidik anaknya dengan sukses, walaupun banyak cobaan.

10. Apa hal terbaik yang telah Anda pelajari dalam suatu kontes kecantikan?
Hal terbaik yang saya pelajari dalam suatu kontes kecantikan adalah perawatan kecantikan itu tidak hanya secara jasmani, tetapi harus didukung oleh rohani juga seperti selalu berfikir positif, bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa, mencintai orang lain dan sebagainya. Saya yakin nantinya kecantikan itu akan memancarkan kecatikan secara alami.

11. Beritahu kami sesuatu yang menarik tentang kota dan propinsi Anda yang mungkin orang-orang ingin tahu!
Begitu banyak hal yang menarik tentang Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau. Baik itu dari hal Pariwisata seperti pasar wisata di pasar bawah Pekanbaru yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari negara lain,hanya untuk sekedar berjalan-jalan ataupun melihat dan membeli barang-barang antik dan pernak-pernik karya tangan masyarakat Riau sendiri. Selain itu juga ada Mesjid Raya Pekanbaru yang megah,dimana membuat masyarakat Muslim dan Non Muslim sekalipun ingin selalu berkunjung ke mesjid itu baik untuk melaksanakan ibadah ataupun sekedar melihat-lihat keagungan dann keindahan mesjid tersebut. Adapun wisata Pulau Jemur di Rokan Hilir, merupakan wisata bahari yang sangat berpotensi di provinsi Riau. Pasirnya yang putih dan yang paling terkenal adalah penyu hijaunya. Selain itu potensi gelombang dan ombak laut di pantai ini juga berpotensi untuk wisata windsurfing (papan selancar) seperti yang disenangi bule-bule di pantai Kuta, Bali. Pantainya yang putih diterpa sinar matahari terbit dan terbenam sungguh indah bila disaksikan dari pinggir pantai yang menawan ini. Beberapa objek wisata di Pulau Jemur meliputi bekas Goa Jepang, Menara Suar yang dibangun pada tahun 1920, Pantai Pasir Kuning Emas, Tapak Kaki Manusia pada batu karang, Perigi Tualang, Kuburan Massal Romusha, Sisa benteng pertahan tentara jepang, dan Batu Panglima Loyan. Di Siak Sri Indrapura,terdapat pula sebuah istana yang megah dan indah bernama Istana Siak,sedangkan di kabupaten kampar terdapat sebuah candi bernama Candi Muara Takus, di Rokan Hulu terdapat air panas Kaiti, air terjun tujuh tingkat di Kuantan Singingi, Danau Bunga Tujuh di Dumai, Danau Limbungan di Pekanbaru,danau raja di indragiri hulu,dan masih banyak lagi pariwisata lainnya yang menarik yang bisa dikunjungi di Provinsi Riau dan tentunya pariwisata di Riau ini akan menampilkan objek-objek wisata yang indah dan sangat menarik perhatian. Adapula event-event wisata yang berskala nasional seperti Acara Bakar Tongkang di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir dan Pacu Jalur di Batang Sosa, Kota Taluk Kuantan di Kabupaten Kuansing.
Selain pariwisata, Riau juga dikenal sebagai daerah Penghasil sawit dan penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia.Tempat-tempat penghasil minyak tersebut terdapat di Minas,Duri,Petapahan,dan Zamrud.
Sebagai orang melayu,rumah-rumah di kota pekanbaru,perkantoran,dan beberapa bangunan lainnya memiliki ciri khas melayu yang dimana lantai,dinding,papan,serta atap yang berukir lembayung menambah kentalnya unsur melayu di Provinsi Riau.
Begitu juga dengan adanya oleh-oleh makanan khas riau yaitu Lempuk Durian,Bolu Kemojo, Bakwan Kuah Sumatra,Kue Bangkit Sagu, Ikan Patin Asam Pedas,Kerupuk Ikan Patin,Sambal Asam Durian,Dan minuman khas nya yaitu Laksamana Mengamuk.
Batik Tabir yaitu motif batik yang populer di Riau saat ini. Batik Tabir ini adalah hasil revolusi Batik Tradisional Riau sehingga menjadi Batik Modern. Karena Batik Tabir berevolusi dimulai dari batik cap dari masa kerajaan di Riau. Layaklah dikatakan Batik Tabir, Batik Modern Riau, semenjak berevolusinya dari batik cap menjadi Batik Tabir yang saat ini kalau kemana saja anak riau pergi selalu membanggakan Batik Tabir ini sebagai Batik Khas Riau. Sejak Batik dijadikan produk budaya indonesia oleh PBB beberapa waktu lalu.
Ada pula sebuah karya seni nan indah yaitu songket melayu Pekanbaru-Riau,tenunan yang lazim di sebut songket itu dalam sejarah yang panjang telah melahirkan beragam jenis motif, yang mengandung makna dan falsafah tertentu. Motif-motif yang lazimnya di angkat dari tumbuh-tumbuhan atau hewan (sebagian kecil) di kekalkan menjadi variasi-variasi yang serat dengan simbol-simbol yang mencerminkan nilai-nilai asas kepercayaan dan budaya melayu.Seperti contoh,Hewan yang terkecil seperti semut, yang selalu bekerja sama mampu membuat sarang yang besar, mampu mengangkat barang-barang yang jauh lebih besar dari badannya, dan bila bertemu selalu berangkulan, memberi ilham terhadap pencintaan motif untuk mengabadikan perihal semut itu dalam motif tersebut sehingga lahirlah motif yang dinamakan motif semut beriring.
Adapun semua yang saya sebutkan diatas tadi adalah baru sebagian hal mengenai Prov.Riau,dan tentunya masih banyak lagi.Semua itu sangat menjunjung tinggi pembangunan yang ada di Provinsi Riau yang layak untuk diketahui oleh semua orang bukan hanya di Riau tapi di seluruh Dunia.Sesuai dengan Visi Riau yaitu Terwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomisn dan kebudayaan melayu dalam lingkungan masyarakat yang agamis ,sejahtera lahir dan bathin di ASEAN 2020.


12. Apa yang orang lain dapat pelajari dari diri Anda?
Yang orang lain dapat pelajari dari saya adalah Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal apapun, lakukan itu selagi hal tersebut positif buat diri kita dan berarti buat orang-orang di sekeliling kita.

13. Apa kutipan pribadi Anda atau moto hidup yang Anda sukai?
Moto hidup yang saya sukai adalah "Segala sesuatu yang dimulai dari nol,akan membawa kita menuju angka yang lebih tinggi kedepannya"

14. Apa rahasia kecantikan terbaik Anda?
Rahasia kecantikan saya adalah inner beauty yang saya miliki. Jadi, merawat diri jangan hanya luarnya saja, tetapi mulailah dari dalam. Saya yakin kalau kecantikan itu akan terpancar dengan sendirinya.

15. Bagaimana Anda melihat diri Anda 10 tahun dari sekarang?
Apabila saya melihat diri saya 10 tahun dari sekarang,saya akan menjadi orang yang sukses yang bisa membahagiakan kedua orang tua saya. Kenapa saya bilang begitu, karena dalam hidup ini setiap kegitan yang kita jalani harus dengan semangat dan optimis. Walaupun ada kalanya jatuh dan bangun, itu adalah proses kehidupan yang harus dijalani untuk menuju kesuksesan.

Special thanks to Mega Dwi Lestari yang sudah menyediakan waktu untuk interview ini. Semoga sukses di PI 2010!