Crossing the Blues

Friday, August 27, 2010

Puteri Indonesia 2010 It's Me It's Me Part 1 : Kalimantan Tengah

By Ferriyanto Lim & Nursasongko

Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mengenal lebih dekat para Puteri yang akan bertanding untuk memperebutkan mahkota Puteri Indonesia 2010. Dengan adanya thread ini diharapkan ita semua dapat mengenal kepribadian para Puteri-Puteri daerah tersebut. Sebab, kecantikan tidak hanya terpancar dari paras ayu dan bentuk tubuh saja..
Kecantikan juga terpancar dari cara seorang wanita berbicara dan bertutur kata...

And the first girl is .. KALIMANTAN TENGAH




1. Ceritakan tentang siapa diri Anda !
Saya AELYN HALIM (Aelyn), saya lahir di Palangkaraya 14 Desember 1987. Saya anak pertama dari dua bersaudara..dan saya anak perempuan satu-satunya. Ayah saya bernama Dison Halim dan Ibu saya Yuniasi. Saya bersyukur kepada Tuhan karena saya dilahirkan di tengah-tengah keluarga yang sederhana dan sangat mengasihi saya dengan apa adanya.

Waktu kecil saya sering di tinggal dan dititipkan sama nenek (Tambi) saya,karena orang tua saya sibuk bekerja.Keluarga kami benar-benar keluarga yang hidup apa adanya, pada saat saya TK saya ingin sekali memiliki boneka dan majalah Bobo..tapi karena kondisi keuangan kami, jadi harus bersabar. Saat keadaan kami seperti itu, ada-ada saja yang membantu. Beberapa keluarga ada yang memberi baju,boneka,dan juga majalah bobo. Walaupun semuanya itu bekas pakai..tapi kami tidak pernah malu untuk memakainya.

Seberjalannya waktu,pekerjaan Papa mengalami peningkatan..Papa jualan SEMEN BANGUNAN..dan karna kami tidak punya cukup uang jadi gudang semennya itu adalah rumah kami. Hasilnya lumayan, tapi karena rumah kami buat jualan semen, akibatnya adikku sering batuk-batuk. Semenjak itu adikku harus mendapat perawatan di luar kota. L agi-lagi saya ditinggal dengan Nenek saya. Semenjak itu lah saya dididik oleh orang tua saya supaya bisa menjadi PEREMPUAN MANDIRI.

Pada tahun 2002, saya diterima di sekolah terbaik di kota Malang. dan 3 hari sebelum MOS (Masa Orientasi Sekolah) Saya sudah siap-siap untuk pergi ke Malang, tapi tiba-tiba saya merasakan sakit perut yang luar biasa sakitnya. Lalu malam itu juga saya dibawa pergi kedokter dan diagnosa dokter saat itu saya hanya trkena Maag saja. Setelah itu Tiga sampai Empat hari tetap saja tidak sembuh-sembuh hingga akhirnya keadaan saya benar-benar memprihatinkan. Saya tidak bisa makan selama 2 minggu lebih. Keadaan saya saat itu benar-benar lemah. Buat bicara saja tidak mampu, saya cuma bisa mengerang kesakitan.

Tepatnya tanggal 19 Juni 2002 saya dilarikan ke salah satu RS di Banjarmasin ,tidak ada pesawat, hanya jalan darat saja yang biasanya memakan waktu 4 jam tapi saat itu menjadi 7 jam lebih. Saya tidak mampu menahan sakit apabila jalannya cepat dan rasa akan terasa sangat sakit apabila ada batu-batu di tengah jalan. Akhirnya saya sampai di Banjarmasin Pukul 04.15. Saat itu disana hanya ada perawat dan dokter jaga saja. Keesokan paginya dokter itu mendiagnosa saya terkena Usus Buntu yang sudah Kronis. Dan harus cepat ditangani, Tapi lagi-lagi dokter bedahnya tidak ada. Dokter tersebut sedang menghadiri seminar di SEMARANG. Saat itu saya hanya bisa berserah sama TUHAN, memohon yang terbaik. Melihat kedua orang tua saya, saya tidak sanggup, karena sosok ayah yang saya kenal sangat kuat, tiba-tiba menangis sambil memeluk saya. Keadaan saat itu benar-benar seperti Maut sudah siap buat menjmput saya

Setiap malam saya tidak bisa tidur . Mau makan tapi tetap saja tidak bisa, lalu dokter bedah datang, tepatnya jam 4 sore saya masuk ke ruang operasi. Saya cuma bisa terbaring lemah. Saat saya masuk ruangan itu saya cuma berkata kepada TUHAN "Biarlah semua kehendakMu yang jadi padaku,Ampuni aku dan keluargaku Tuhan."

Menurut cerita sang dokter , operasi berjalan empat setengah jam, banyak kendala-kendala. Dan lagi-lagi, ada beberapa hal yang dokter katakan dan tentunya sangat mengiris hati saya. Ibu saya pun tidak kuat menahan tangisnya. Ketakutan itu benar-benar menghantui saya saat itu. Dokter itu mengatakan Nanah yang ada di dalam usus saya sudah pecah dan menjalar kemana-mana. Bisa-bisa susah utntuk mendapatkan keturunan. Hati saya hancur, Tetapi saya selalu ingat perkataan yang saya katakan pada saat masuk ruang operasi.

Setiap hari, setiap malam, setiap pagi saya bangun dari tempat tidur walaupun cuma bisa mengangkat kepala saja. Saya berdoa dan tidak henti-hentinya. Pada saat itu, saya berdoa, saya berterima kasih padaNYA atas kesempatan untuk hidup lagi. Saya yakin kesempatan itu diberikan bagi saya karena TUHAN memiliki rencana yang Indah dan Tepat pada waktuNya.
Saya menjerit padaNya, apapun yang terjadi di masa depan. Saya hanya bisa berserah penuh hingga skarang, Masa depan saya, Jodoh saya, Bahkan keturunan saya. Saya percaya TUHAN akan memberi yang terbaik. Selama ini saya memiliki suatu pemikiran yang membuat saya selalu kuat menghadapi masalah-masalah hidup. Seberapa berat masalah yang kita hadapi, bagi kita mungkin tidak ada jalan keluar, tapi ada satu hal yang ingin saya bagikan. Jangan Pernah menyerah dengan keadaan itu. Masalah kita hanyalah suatu proses untuk menjadikan kita menjadi seorang pribadi KUAT dan selalu mengandalkan TUHAN bukan kekuatan kita..
Jangan pernah menyerah ya....

2. Apa profesi Anda saat ini (bekerja atau kuliah dimana) ?
Saya saat ini sebagai sorang dokter muda di Universitas Hang Tuah Surabaya

3. Apa saja prestasi anda yang pernah Anda raih ?
Prestasi yang pernah saya raih adalah sebagai PASKIBRAKA pada tahun 2004, Terakhir menjadi PUTERI INDONESIA KALTENG 2010 & PUTERI INDONESIA KALTENG FAVORIT 2010.


4. Jika Anda dapat melakukan perjalanan waktu dan tempat, siapa yang Anda ingin bertemu dan mengapa?
Menjadi suatu kerinduan saya adalah bertemu dengan anak Yatim Piatu. Karena saya ingin menjadi bagian dari hidup mereka. Saya ingin berbagi dengan mereka. Saya ingin mereka KuAT walaupun kondisi mereka kurang kasih sayang dari sosok orang tua.Saya ingin mengajarkan agar mereka tidak boleh berkecil hati dan tidak boleh berpandangan masa depan tidak cerah. Karena yang menentukan semuanya itu adalah TUHAN..dan kita yang berusaha. Saya sangat mengasihi mereka. Saya sangat merasa nyaman saat saya berada dekat dengan mereka. Ketika mereka bercerita, tertawa, bahkan memeluk saya...

5. Jika Anda memiliki kesempatan untuk memilih antara Penawaran Kerja dan Beasiswa Pendidikan, yang mana yang Anda pilih? Mengapa?
Saya ingin beasiswa pendidikan, karena melalui pendidikan saya bisa menambah ilmu yang sebelumnya sudah saya pelajari. Dan setelah itu, semuanya akan saya praktekan di pekerjaan saya.

6. Apa pelajaran masa kanak-kanak Anda yang masih mempengaruhi kehidupan nyata Anda saat ini?
Saya sering dititip kepada nenek saya. Bukan karena orang tua tidak sayang kepada saya tapi karena mereka ingin agar anak perempuannya ini mnjadi mandiri..

7. Dapatkah Anda Katakan Sesuatu yang begitu menarik atau unik tentang Anda?
Saya dokter muda, lalu saya juga jadi guru buat anak-anak jalanan. Dan, saya agak susah makan jika tidak ada ada kerupuk ..

8. Jika Anda dapat bertukar tempat dengan orang lain selama seminggu, siapa orang itu dan mengapa?
Saya tetap menjadi diri saya sendiri. Tuhan menciptakan manusia itu berbeda-beda. Ada kelemahan dan ada kelebihan. Saya ingin memperbaiki segalanya yang kurang dalam hidup saya. Dan saya tidak minder dengan kelemahan saya, justru dari kelemahan dan kelebihan saya itu yang menjadi identitas saya.



9. Siapa Perempuan yang paling Anda kagumi? Mengapa?
Ibu saya, beliau mengasihi saya, mendidik saya, menjadi perempuan yang Tegas. Tidak menyerah dengan keadaan.

10. Apa hal terbaik yang telah Anda pelajari dalam suatu kontes kecantikan?
Kecantikan itu kalau dari segi fisik tidak ada habis-habisnyanya. Jika kita bilang si A cantik tapi ada saja yg lebih cantik. Jika niat kita baik, niat kita tulus, maka aura itu akan keluar terpancar diwajah kita. Dan, Lakukan yang terbaik.

11. Beritahu kami sesuatu yang menarik tentang kota dan propinsi Anda yang mungkin orang-orang ingin tahu!
Propinsi Kalimantan Tengah memiliki potensi alam yang luar biasa dan harus dikembangkan.Sebagai Puteri Indonesia wakil Kalimantan Tengah 2010 merupakan tugas saya untuk membawa nama baik Kalimantan Tengah di mata dunia.Ada banyak hal yang dapat membuat mata dunia tertuju pada Propinsi saya.Walaupun hingga saat ini masih saja saya sering mendengar komentar-komentar pedas tentang Kalimantan Tengah tetapi saya tidak akan berkecil hati atau bahkna menyerah untuk melakukan dan memberi yang terbaik bagi Propinsi ku Kalimantan Tengah..

Masyarakat kami adalah masyarakat DAYAK dan tentunya saya pun orang DAYAK Saya ingin mempromosikan KALTENG tidak hanya dalam Kebudayaan dan Pariwisata saja...karena bukan itu saja yang menjadi ketertarikan Propinsi ini,Masih banyak lagi dan tentunya hampir sebagian orang masih kurang tau tentang POTENSI KALTENG.

Bahasa yang kami guakan sehari-hai dirumaha adalah bahasa DAYAK NGAJU..dan untuk mempertahankan bahasa ini tentunya ada usaha-usaha misalnya dari SD,memiliki mata pelajaran muatan lokal dimana kami diajarkan bahasa Dayak..Menyanyi bahasa Dayak..menari bahkan mencakup seluruh kesenian KALTENG..itu membuat kami selalu mencintai Propinsi ini..

Yang sangat disayangkan..masih banyak orang yang berpikir bahwa Dayak adalah suku primitif sehingga membuat pandangan masyarakat takut tentang DAYAK..Kami akan menjadi sosok yang BERANI apa bila ada hal-hal yang akan mengancam akan Propinsi kami..kami akan pertahankan nama baik Propinsi ini..saya ingin membuka mata dunia bahwa kami memilki suatu daya ketertarikan dalam Pariwisata,Budaya hingga Kekayaan alam...sejauh ini perkembangan yang ada di propinsi saya sdh dapat dilihat mata...walaupun suasana Kota Palangkaraya (Ibu Kota) masih bisa dibilang sepi tapi jika dilihat dari unsur alamnya..wahhhhh...banyak sekali perusahaan asing yg sdh masuk ke Propinsi ini..dan salah satu bukti kuat nya yaitu berkunjung nya George Soros datang untuk melihat hutan kami... .



12. Apa yang orang lain dapat pelajari dari diri Anda?
TIDAK ADA KATA MENYERAH ,TETAP LAKUKAN YANG TERBAIK

13. Apa kutipan pribadi Anda atau moto hidup yang Anda sukai?
Good Manners Consist of Small Sacrifices

14. Apa rahasia kecantikan terbaik Anda?
Ketulusan hati....

15. Bagaimana Anda melihat diri Anda 10 tahun dari sekarang?
Jadi sosok perempuan Indonesia yang berani terjun langsung kelapangan untuk gerakan sosial baik scara kesehatan maupun motivator...


Special thanks to Aelyn Halim yang sudah menyediakan waktu untuk interview ini. Semoga sukses di PI 2010!